Sister Company dari Situs Wikipedia dan Kegunaannya

Monday, September 26, 2011

Sister Company dari Situs Wikipedia dan Kegunaannya

| Monday, September 26, 2011 | 0 comments

Sister Company dari Situs Wikipedia dan Kegunaannya - Ya, berikut ini adalah beberapa sister company yang membuat situs Wikipedia tetap berjaya. Mari kita lihat dan baca tentang segala Sister Company dari situs tersebut.


1. Wikibooks

Wikibooks atau BukuWiki adalah sebuah proyek yang dikerjakan bersama-sama untuk menulis buku-buku teks dan buku-buku non-fiksi dari segala topik. Koleksi dari buku atau teks isi bebas di Wikibooks ditulis oleh para penyumbangnya. BukuWiki merupakan proyek wiki, yang berarti semua orang termasuk Anda dapat menyunting modul BukuWiki apa saja dengan memilih sunting yang terdapat disetiap modul BukuWiki. Semua isi BukuWiki berada di bawah lisensi dokumentasi bebas GNU. Dengan demikian semua informasi didalam BukuWiki dapat secara bebas disebarkan dan disalin. Sedangkan BukuWiki bahasa Indonesia dimulai pada 10 Juli 2003, dan telah memiliki 1.098 modul buku.


2. Wiktionary

Wiktionary (Kamuswiki) adalah salah satu proyek kerabat Wikipedia yang ditujukan sebagai kamus wiki bebas (termasuk tesaurus dan leksikon) dalam semua bahasa. Wiktionary dalam edisi bahasa Inggris (en.wiktionary.org) dibuka pertama kali pada 12 Desember 2002 sebagai tindak lanjut proposal Daniel Alston. Pada 29 Maret 2004, wiktionary dalam edisi bahasa lainnya, yaitu Prancis dan Polandia, mulai dibuka. Sejak saat itu, wiktionary dalam edisi bahasa lainnya pun mulai dibuka. Pada awalnya, wiktionary menginduk pada URL sementara hingga akhirnya pada 1 Mei 2004 dipindahkan ke URL penuh. Wiktionary merupakan kamus multilingual/multibahasa dan internasional, yang artinya bertujuan untuk mencakup setiap kata dari semua bahasa yang diketahui dan melakukannya dalam berbagai bahasa.

3. Wikiquote

Wikiquote adalah koleksi kutipan bebas yang dibangun oleh para penggunanya secara bersama-sama. Wikiquote bahasa Indonesia diaktifkan sejak 19 Oktober 2004 dan telah memiliki 1.576 artikel. Wikiquote adalah salah satu proyek Yayasan Wikimedia yang dimulai pada 27 Juni 2003 dengan peluncuran Wikiquote bahasa Inggris. Yang bisa dimasukkan Wikiquote adalah Kutipan dari orang, film, buku, dll serta Peribahasa.

4. Wikisource

Wikisource adalah suatu Perpustakaan Bebas naskah sumber yang berada pada domain publik atau diperbolehkan untuk disebarluaskan secara bebas. Wikisource adalah sebuah proyek resmi dari Wikimedia Foundation dan merupakan proyek saudara dari Wikipedia, Ensiklopedia Bebas.

5. Wikiversity

Wikiversity (Universitaswiki) adalah proyek Wiki terbaru dari Yayasan Wikimedia yang sekarang ini masih dalam tahap uji coba. Wikiversity ditujukan untuk bahan-bahan belajar. Situs webnya adalah di www.wikiversity.org. Wikiversity versi beta secara resmi dimulai pada 15 Agustus 2006 dengan bahasa Inggris sebagai versi pertamanya dan versi bahasa Jerman yang dibuat pada 24 Agustus 2006 sebagai edisi yang ke-2. Versi bahasa lainnya dari Wikiversity sedang dikembangkan di beta.wikiversity.org.

6. Wikimedia Commons

Wikimedia Commons (juga disebut "Commons" atau "Wikicommons") adalah tempat penyimpanan gambar-gambar dan berkas-berkas multimedia berlisensi bebasis. Commons merupakan proyek dari Yayasan Wikimedia. Berkas-berkas yang dimuat dapat digunakan seperti halnya berkas-berkas yang dimuat pada masing-masing proyek. Proyek ini diusulkan pada bulan Maret 2004 dan diluncurkan pada 7 September 2004. Sasaran utama commons yaitu untuk menghilangkan duplikasi berkas pada proyek-proyek Wikimedia sebelum adanya Commons. Fitur untuk dapat menggunakan berkas-berkas dari Commons dari semua proyek Wikimedia diimplementasikan pada Oktober 2004. Wikimedia Commons tidak memperbolehkan pemuatan berkas-berkas yang berhak cipta. Lisensi yang diterima adalah GNU Free Documentation License, lisensi Creative Commons dengan tanpa batasan penggunaan dan domain umum.

7. Wikinews

Wikinews (Beritawiki) adalah sebuah wiki yang berhubungan dengan aktualitas atau berita-berita yang masih hangat. Seperti Wikipedia, situs ini juga dikelola oleh yayasan Wikimedia.

8. Wikispecies

Wikispecies (Spesieswiki) adalah sebuah proyek yang didukung oleh Yayasan Wikimedia yang bertujuan membuat portal isi bebas mengenai spesies-spesies. Wikispecies mencakup hewan, tumbuhan, jamur, bakteri dan semua makhluk hidup lainnya dan akan dikembangkan secara khusus dengan Wikipedia.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Random Pos

 
BlogBuanget | About | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
Site Meter